BMKG: Potensi Hujan Lebat Intai Jabodetabek Selama 4 Hari Kedepan

- 23 Februari 2021, 19:57 WIB
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat banjir menggenangi Tol Jakarta Cikampek Km 19 Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (20/2/2021). Banjir di jalan Tol Jakarta - CIkampek disebabkan luapan sungai Kali Jambe. ANTARA FOTO/ Fm/Arisanto/hp. /Antara Foto/Arisanto/


MAPAY BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan adanya potensi hujan lebat dan cuaca ekstrem di Jabodetabek pada 24 - 27 Februari 2021.

Potensi hujan lebat selama empat hari kedepan itu diakibatkan adanya bibit siklon di selatan NTT yang berpotensi menjadi siklon tropis.

"Untuk wilayah Jabodetabek, potensi cuaca ekstrem berdampak signifikan diprediksikan dapat terjadi mulai tanggal 24 hingga 27 Februari 2021," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG,
Guswanto dalam keterangan resminya, Selasa 23 Februari 2021.

Baca Juga: Antisipasi Banjir Jakarta, BPPT lalukan Modifikasi Cuaca

Baca Juga: Rel Sempat Digerus Banjir dan Menggantung, Kini Rute KA Jarak Jauh ke Jakarta Sudah Beroperasi Kembali

Menurutnya, kejadian hujan di wilayah Jabodetabek pada periode tersebut perlu diwaspadai terutama pada malam atau dini hari menjelang pagi dengan potensi distribusi hujan dapat terjadi secara merata.

Kondisi dinamika atmosfer tersebut secara umum cukup signifikan berpengaruh terhadap potensi hujan lebat dan cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah Jawa mulai tanggal 23 Februari 2021.

Baca Juga: Banjir Jakarta Renggut Korban Jiwa, Empat Anak-Anak dan Satu Lansia

Baca Juga: Duka Anies Baswedan Bagi Korban Banjir Jakarta yang Meninggal Dunia: Insyallah Diberi Kekuatan Ketabahan

"Bibit siklon tersebut diprediksikan masih bertahan dan menunjukkan pergerakan ke arah barat mendekati wilayah laut di selatan Jawa Timur dengan potensi intensitas yang menguat hingga 2 hari mendatang," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X