Antisipasi Banjir Jakarta, BPPT lalukan Modifikasi Cuaca

- 23 Februari 2021, 13:34 WIB
TNI AU bersama BPPT melakukan modifikasi cuaca /Dok Dispenau/

MAPAY BANDUNG - Curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir, menyebabkan banjir setinggi 50 centimeter hingga 200 centimeter dibeberapa wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menerjunkan Tim Teknologi Mofifikasi Cuaca (TMC) untuk melakukan redistribusi curah hujan.

Modifikasi cuaca dilakukan sebagai langkah antisipasi untuk mengurangi dampak negatif dari hujan ekstrem.

Baca Juga: Rencana Tur Panjang Band Noah Batal Karena Pandemi Covid-19

Dikutip mapaybandung.com dari ANTARA, Kepala BPPT Hammam Riza berharap modifikasi cuaca, wilayah yang punya potensi banjir, dapat terhindar dari curah hujan penyebab banjir.

"TMC dilakukan sebagai bagian dari upaya preventif untuk mengurangi dampak negatif dari terjadinya banjir melalui redistribusi curah hujan sehingga kejadian hujan ekstrem bisa berkurang. Dengan Teknologi modifikasi cuaca, diharapkan wilayah yang mempunyai potensi terjadinya genangan dan banjir bisa terhindar dari curah hujan penyebab banjir," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Berdasarkan pantauan BPPT, pembentukan awan hujan dengan intensitas tinggi diwilayah Jabodetabek terjadi karena pergerakan massa udara lembap dati Laut Cina Selatan, dan Laut Jawa bagian Barat terakumulasi dengan massa udara dari Samudera Indonesia.

Baca Juga: Masuk ke prakerja.go.id untuk Membuat Akun Sebelum Prakerja Gelombang 12 Dibuka

Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC), Jon Arifian menyampaikan, target utama dalam operasi TMC di Jabodetabek ini adalah untuk mengurangi potensi hujan pada siang hari agar tingkat kejenuhan tanah berada pada level aman untuk menampung hujan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X