Rel Sempat Digerus Banjir dan Menggantung, Kini Rute KA Jarak Jauh ke Jakarta Sudah Beroperasi Kembali

- 23 Februari 2021, 15:35 WIB
Rute perjalanan jarak jauh dari dan menuju Jakarta sudah beroperasi kembali per hari ini, Selasa 23 Februari 2021, setelah sebelumnya jalur rel tergerus banjir. /dok PT KAI


MAPAY BANDUNG - Kereta Api jarak jauh dari dan menuju Jakarta kini sudah beroperasi kembali setelah sebelumnya dihentikan karena jalur KA terdampak banjir.

Rute perjalanan KA arah Jakarta sebelumnya dibatalkan dan tidak dapat beroperasi sejak Minggu 21 Februari 2021. Hal itu dikarenakan lintasan Kedunggedeh - Lemahabang, Kabupaten Bekasi tergerus oleh banjir.

"Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka perjalanan kereta api dari Daop 2 Bandung ke Jakarta dan sebaliknya sudah dapat dioperasikan kembali mulai siang hari ini," ujar Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardoyo dalam keterangan resminya, Selasa 23 Februari 2021.

Baca Juga: Menhub Targetkan 44 Stasiun Kereta Sediakan GeNose Sebulan Kedepan

Baca Juga: Catat! Mulai 15 Februari 2021, Tes GeNose C19 Jadi Syarat Keberangkatan Kereta Api di Stasiun Bandung

Ia mengatakan, KA pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KLB D1/10481 pada pukul 10.29 WIB. Demi pertimbangan keselamatan, untuk sementara waktu KA yang melintasi jalur tersebut masih dibatasi kecepatannya Maksimal 10 km/jam, dan secara bertahap akan semakin ditingkatkan.

Petugas KAI telah melakukan berbagai langkah dan upaya bekerja secara terus menerus 24 jam untuk normalisasi, menguatkan pondasi, menambah batu balas/kricak, dan memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat serta melakukan penambahan jumlah personel di lokasi.

“Kami atas nama manajemen KAI Daop 2 mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir tersebut," sebutnya.

Baca Juga: Masuk ke prakerja.go.id untuk Membuat Akun Sebelum Prakerja Gelombang 12 Dibuka

Kondisi lintasan Kedunggedeh - Lemahabang, Kabupaten Bekasi  yang tergerus banjir dan mengakibatkan rel menggantung, sejak Minggu 21 Februari 2021.
Kondisi lintasan Kedunggedeh - Lemahabang, Kabupaten Bekasi yang tergerus banjir dan mengakibatkan rel menggantung, sejak Minggu 21 Februari 2021. dok PT KAI

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X