Anggota DPR Dorong Kemenhub Hadirkan Transportasi Hijau

- 2 Februari 2023, 21:00 WIB
Transjakarta merupakan sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Aisa Tenggara dan Selatan
Transjakarta merupakan sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Aisa Tenggara dan Selatan /Dwi Widiyastuti/Dokumen pribadi

 

MAPAY BANDUNG - Anggota Komisi V DPR RI Irine Yusiana Roba Putri mendorong Ditjen Perhubungan Darat dan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub serta Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek semakin mengedepankan upaya transisi ekonomi hijau khususnya pada moda transportasi (transportasi hijau) di kawasan perkotaan.

Tujuannya, untuk pencegahan dan penanggulangan krisis iklim sebagaimana telah diterapkan di Perancis yang mewajibkan warganya beralih ke moda transportasi yang lebih ramah lingkungan seperti kereta untuk beberapa rute jarak pendek demi mengurangi emisi karbon.

Irene mengemukakan hal ini saat RDP Komisi V DPR RI dengan Ditjen Perhubungan Darat, Ditjen Perkeretaapian, dan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek dengan agenda evaluasi pelaksanaan APBN 2022 dan membahas program kerja Tahun 2023 di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 1 Februari 2023.

Baca Juga: Ada Makanan dan Minuman yang Ampuh Tahan Rasa Lapar, dr. Zaidul Akbar Bilang Begini

Turut hadir secara virtual Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat seluruh Indonesia dan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian seluruh Indonesia.

"Baru-baru ini, di Perancis tengah krisis iklim sehingga mengeluarkan peraturan melarang warga negaranya menggunakan pesawat terbang dengan jarak tempuh kurang dari 3 jam dan mewajibkan warganya beralih ke moda transportasi yang lebih ramah lingkungan seperti kereta untuk beberapa rute jarak pendek demi mengurangi emisi karbon. Hal ini tentu menjadi kiblat yang baik bagi Indonesia yang telah menyetujui dan menyepakati ekonomi hijau sebagaimana diprioritaskan Presiden Jokowi," ujar Irene.

Baca Juga: 4 Bahan Rekomendasi dr. Zaidul Akbar yang Bisa Sembuhkan Sakit Lambung yang Menahun

Selain itu, Legislator Dapil Maluku Utara ini mengharapkan, transportasi seperti kereta api dan bus semakin ramah disabilitas serta ramah gender.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah