Menlu Retno Ungkap Proses Evakuasi WNI di Afghanistan, Awalnya Ingin Gunakan Pesawat Sipil

- 21 Agustus 2021, 08:53 WIB
Tangkapan layar, Pesawat TNI AU tiba di Bandara Halim Perdanakusuma setelah melakukan evakuasi 26 orang dari Afghanistan
Tangkapan layar, Pesawat TNI AU tiba di Bandara Halim Perdanakusuma setelah melakukan evakuasi 26 orang dari Afghanistan /Kanal YouTube Kementerian Luar Negeri

MAPAY BANDUNG - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi menyambut langsung kedatangan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu 21 Agustus 2021 pagi.

Dalam keterangan persnya yang disiarkan di kanal YouTube Kementerian Luar Negeri (MoFA Indonesia), Menlu mengatakan bahwa awalnya evakuasi sempat ingin menggunakan pesawat sipil.

"Awalnya direncanakan menggunakan pesawat sipil namun disesuaikan maka diputuskan menggunakan pesawat militer," kata Menlu Retno.

Alasannya, ungkap Retno, situasi di Afghanistan sangat dinamis. Prioritasnya adalah keselamatan WNI yang akan di evakuasi.

Baca Juga: Segera Tayang di RCTI! Simak Jadwal FTV Preman Pensiun 'Manusia Merdeka'

Baca Juga: Ganjil Genap di Kabupaten Bandung Masih DIberlakukan, Simak Aturan Lengkapnya Nih

"Mengingat adanya dinamika lapangan yang sangat tinggi dan situasi yang sangat cair. Semua kehati-hatian ini harus kita lakukan demi keselamatan Warga Negara Indonesia," lanjutnya.

Retno lalu menjelaskan, sempat terjadi penarikan izin mendarat di Bandara Hamid Karzai, Kabul, yang sebelumnya sudah didapat pada Kamis 19 Agustus 2021.

Ditariknya izin tersebut berkaitan dengan situasi di Afghanistan yang belum memungkinkan untuk dilakukannya evakuasi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah