Nama Sumedang Ternyata Diambil dari Dua Kata Ini, Simak Sejarah dan Asal-usul Penamaannya

- 1 Januari 2024, 17:00 WIB
Ilustrasi Sumedang pekan ini dari kabar memilukan hingga kabar memalukan.
Ilustrasi Sumedang pekan ini dari kabar memilukan hingga kabar memalukan. /kabar-priangan.com/Nanang Sutisna/

MAPAY BANDUNG - Sumedang adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Indramayu.

Asal-usul nama atau penamaan Sumedang ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Sumedang sudah berdiri sejak zaman kerajaan hingga saat ini. Kabupaten ini berdiri pada 22 April 1578 atau sudah berusia 445 tahun.

Baca Juga: Kocak! Pencuri di Bekasi Ketahuan Warga Tidak Memakai Pakaian, Diduga Gagal Memakai Ajian Panglimunan

Sejarah

Dilansir MapayBandung.com dari Pikiran-Rakyat.com pada Senin 1 Januari 2024, simak berikut sejarah, dan asal-usul nama Sumedang.

Kabupaten Sumedang tidak bisa dipisahkan dari Kerajaan Sumedang Larang. Kerajaan ini merupakan pecahan dari Kerajaan Sunda Pajajaran. Kerajaan Sunda runtuh setelah diserang pasukan Kerajaan Banten yang dipimpin oleh Maulana Yusuf pada 1597.

Kerajaan Tembong Agung adalah cikal bakal Kerajaan Sumedang Larang. Kerajaan Tembong Agung didirikan oleh Prabu Guru Aji Putih. Mulanya, kerajaan tersebut terletak di Citembong Girang, Kecamatan Ganeas, Sumedang, kemudian dipindahkan ke Kampung Muhara Desa Leuwihideung (saat ini Kecamatan Darmaraja).

Baca Juga: Jangan Asal Pasang! Kenali 8 Posisi Pintu Rumah yang Mesti Dihindari, Efeknya Bisa Bikin Rezeki Seret

Prabu Guru Aji Putih berkuasa sekitar tahun 1500 sebelum akhirnya Keraton Galuh dipindahkan ke Pajajaran, Bogor.

Guru Aji merupakan putra dari Aria Bima Raksa atau dikenal dengan Resi Agung Senapati yang merupakan cucu dari Wretikandayun. Setelah dia wafat, takhta kerajaan berpindah ke putra sulungnya Batara Tuntang Buana atau dikenal sebagai Tajimalela.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah