Jadi Destinasi Liburan Favorit, Ini Asal-usul Nama Lembang, Kawasan Terkenal di Bandung

- 30 Desember 2023, 17:45 WIB
Ilustrasi Kemacetan di sekitar Lembang Bandung.
Ilustrasi Kemacetan di sekitar Lembang Bandung. /Korlantas Polri



MAPAY BANDUNG - Berikut asal-usul nama atau toponimi Lembang, yang merupakan kawasan terkenal di Bandung dan jadi destinasi favorit tiap kali liburan. Lembang saat ini adalah salah satu kecamatan yang masuk wilayah administratif Kabupaten Bandung Barat.

Lembang dikenal sebagai daerah yang menjadi tujuan wisata populer. Suasananya yang sejuk, asri, dan banyaknya tempat wisata, membuat daerah ini kerap jadi tujuan saat liburan tiba. Tak hanya warga Bandung Raya saja, pengunjung dari Jakarta dan daerah lain juga banyak yang berkunjung ke Lembang saat musim liburan.

Baca Juga: Hubungi Call Center Ini Jika Terjadi Kedaruratan di Bandung pada Malam Tahun Baru

Sejarah Lembang

Dilansir MapayBandung.com dari pikiran-rakyat.com pada Sabtu 30 Desember 2023, kemasyhuran Lembang tidak bisa dilepaskan dari para pendahulu yang tinggal dan berkarya di sana seperti Franz Wilhelm Junghuhn seorang naturalis, doktor, botanikus, geograf, dan penulis.

Junghuhn lahir pada 26 Oktober 1809 dan meninggal di Lembang pada 24 April 1864. Untuk mengenang jasanya, pada 21 Februari 1919, Pemerintah Hindia Belanda menetapkan tempat ia melakukan penelitian tentang kina, dan kediamannya di Jayagiri, Lembang menjadi cagar alam. Lembang juga populer dengan sapi perah penghasil susu.

Hal ini diawali oleh Keluarga Ursone yang berasal dari Italia. Keluarga ini datang ke Priangan pada tahun 1895, kemudian memiliki lahan yang luas di Lémbang.

Di lahan itulah keluarga ini beternak sapi perah, dan susunya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Belanda di Priangan.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris Hari Ini Sabtu 30 Desember, Ada Laga Chelsea, Man City, dan MU

Asal-usul Nama Lembang

Menurut pakar geografi Universitas Pendidikan Indonesia, T. Bachtiar, dalam kolom di Pikiran-rakyat.com pada tahun 2020, nama Lembang kemungkinan besar berarti air yang tergenang secara luas di wilayah itu sehingga disebut Cilémbang.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah