Asal-usul Nama Pasir Heunceut, Objek Wisata di Ciamis yang Viral 2023

- 22 Desember 2023, 11:30 WIB
Pasir Heunceut, Ciamis, Jawa Barat (Tangkap layar YouTube Galuh Katresna)
Pasir Heunceut, Ciamis, Jawa Barat (Tangkap layar YouTube Galuh Katresna) /

MAPAY BANDUNG - Berikut asal-usul nama atau toponimi Pasir Heunceut, salah satu tempat wisata viral tahun 2023. Pasir Heunceut adalah tempat wisata berupa bukit dengan pemandangan indah yang berada di Desa Margaharja, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis.

Perlu menempuh waktu perjalanan sekitar 3 jam menggunakan mobil dari Kota Bandung, jika ingin berkunjung kesana.

Popularitas Pasir Heunceut ramai usai netizen menganggap tempat wisata tersebut, memiliki nama yang nyeleneh. Lantas kenapa bukit tersebut dinamai Pasir Heunceut? Ternyata ada sejarah dan cerita menarik dibalik penamaan unik tersebut.

Baca Juga: Viral Video Oknum Anggota Geng Motor Keroyok Polisi di Bandung, Netizen Geram: Cirian!

Dikutip MapayBandung.com dari Pikiran Rakyat, Jumat 22 Desember 2023, Pasir Heunceut berjarak 19 KM dari ibu kota kabupaten, yakni Kecamatan Ciamis. Sebelum menjadi tempat wisata seperti saat ini, pada zaman Belanda, Pasir Heunceut merupakan kawasan perkebunan karet yang luasnya mencapai 250 Ha.

Aktivitas para pegawai di perkebunan karet tersebut, diawasi oleh seorang mandor dari Belanda. Kebanyakan pekerja di kebun karet itu adalah wanita. Menariknya, ada seorang wanita cantik yang disebut-sebut menjadi satu dari sekian banyak pekerja di perkebunan karet.

Bisa dikatakan, kecantikan wanita itu setara mojang desa kala itu. Hampir semua pria terpikat dengan kecantikan sang wanita. Kecantikan wanita asli Ciamis itu membuat mandor pun ikut jatuh hati.

Baca Juga: Apakah Haid 2 Kali dalam Sebulan Itu Normal? Simak Jawaban Lengkap dr. Saddam Ismail

Perasaan cinta pun mulai tumbuh di hati sang mandor, bahkan diceritakan jika mandor itu beberapa kali mencoba mendekati si wanita. Singkat cerita setelah saling mengenal satu sama lain, sang mandor dan wanita itu sering berduaan untuk menghabiskan waktu bersama.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah