4 Asal-usul Nama Braga, Kawasan Favorit Tahun Baruan di Kota Bandung

- 31 Desember 2023, 19:15 WIB
Mobil-mobil parkir di Jalan Braga, Kota Bandung.*
Mobil-mobil parkir di Jalan Braga, Kota Bandung.* /ARMIN ABDUL JABBAR/

MAPAY BANDUNG - Siapa yang tidak kenal Braga? Braga adalah kawasan populer dan sering jadi tempat favorit warga maupun pengunjung merayakan tahun baru di Bandung.

Jalan Braga adalah salahsatu jalan legendaris di Bandung yang terkenal sejak zaman Hindia Belanda. Nama jalan tersebut sampai saat ini masih dipertahankan sebagai salah satu maskot wisata di kota kembang.

Selain sebagai nama jalan, Braga juga saat ini sudah jadi nama kelurahan di kawasan tersebut yang masuk kecamatan Sumur Bandung. Lantas bagaimana asal-usul penamaan Jalan Braga?

Baca Juga: Ada Kembang Api Virtual di Jembatan Pasupati Malam Ini, Segera Cari Spot untuk Menikmatinya

Asal-usul Nama Braga

Dilansir MapayBandung.com dari laman Indonesia.go.id pada Minggu 31 Desember 2023, setidaknya ada 4 asal-usul penamaan Braga.

Pertama, ada yang menyebut bahwa Braga berasal dari nama Theotila Braga (1834–1924), seorang penulis naskah drama.

Asal-usul tersebut lahir sebab di kawasan ini pernah bermarkas perkumpulan drama bangsa Belanda yang didirikan pada 18 Juni 1882 oleh Peter Sijthot, seorang Asisten Residen.

Kedua, Braga diambil dari kata "Bragi", yang merupakan nama dewa puisi dalam mitologi Jerman.

Sementara asal-usul nama Braga ketiga berasal dari bahasa Sunda. Ahli sastra Sunda mengatakan bahwa Braga berasal dari kata “Baraga” yang merujuk pada jalan di tepi sungai.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah