Jadi Atraksi Khas Imlek, Inilah Sejarah Barongsai yang Masih Jarang Diketahui

- 8 Februari 2024, 15:00 WIB
Ilustrasi barongsai. Jelang Tahun Baru Imlek 2024, jadwal pertunjukan kota Bandung barongsai di 10 Mal
Ilustrasi barongsai. Jelang Tahun Baru Imlek 2024, jadwal pertunjukan kota Bandung barongsai di 10 Mal /Pixabay/Vladvictoria/

 

 

BRAGA,, MAPAYBANDUNG.COM - Barongsai merupakan salah satu tarian tradisional dari tiongkok yang sering ditampilkan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Barongsai tidak boleh dilewatkan saat Tahun Baru China berkat atraksinya yang luar biasa.

Barongsai biasanya dimainkan oleh dua orang yang mengenakan kostum naga. Satu di bagian depan dan satu di bagian belakang naga. Nantinya mereka akan beratraksi dan melompat-lompat.

Dilansir MapayBandung.com dari laman resmi Kemendikbud pada Kamis, 8 Februari 2024 Barongsai tercatat sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada tahun 2010.

Baca Juga: Kisah dan Asal Usul Kelurahan Kebon Pisang, Wilayah di Kota Bandung Hasil Pemekaran Tahun 80an

Menurut catatan sejarah, tradisi ini sudah ada sejak abad ke 3 sebelum masehi, pada zaman Dinasti Chin. Sementara, tarian ini tercatat masuk ke Indonesia pada abad ke 17.

Barongsai sangat marak dahulu di Indonesia pada zaman masih adanya perkumpulan Tionghoa Hwe Koan. Namun, perkembangan Barongsai sempat diberhentikan pada tahun 1965 setelah kejadian G30SPKI. Barulah setelah tahun 1998, Barongsai mulai ditampilkan lagi di depan umum.

Legenda Barongsai yang paling umum dikenal berasal dari cerita rakyat Tionghoa. Kala itu, sebuah monster datang mengganggu desa dan menghancurkan hasil-hasil panen milik penduduk desa.

Baca Juga: Heboh! Sosok Ini Ngaku Siap Maju di Pilgub Jabar 2024 Lawan Ridwan Kamil, Siapa Dia?

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah