4 Kecamatan di Bandung Punya Asal-usul Unik, Salahsatunya Diambil dari Nama Obat

- 13 Juni 2024, 20:00 WIB
Alun-alun Ujungberung Bandung
Alun-alun Ujungberung Bandung /



BRAGA, MAPAYBANDUNG.COM - 4 kecamatan di Kota Bandung ini memiliki asal-usul nama yang unik. Nama-nama kecamatan ini sudah ada sejak zaman Belanda. Ada juga yang baru ada pasca kemerdekaan.

Penamaan kecamatan ini diambil dari peristiwa bersejarah, tumbuhan, bahkan ada yang berasal dari tanaman obat.

Berikut 4 kecamatan di Kota Bandung yang memiliki asal-usul unik.

Baca Juga: POPULER HARI INI: Ridwan Kamil Masuk Top 5 Calon Gubernur Jakarta hingga Kabar Hengkanya Ezra Walian

1. Ujungberung

Asal-usul nama Ujungberung berkaitan dengan peristiwa pengejaran tokoh legendaris Bandung yaitu Dipati Ukur oleh tentara Mataram.

Diceritakan, Dipati Ukur dan rombongannya dikejar-kejar oleh bala tentara Mataram. Pelarian tersebut membawa Dipati Ukur ke suata tempat di pinggiran danau Bandung purba di sebelah timur.

Tempat itu dipenuhi oleh tanaman bambu yang sangat lebat. Sehingga walaupun rombongan Dipati Ukur sudah terkepung tentara Mataram, mereka dapat menyamarkan diri dan tidak ditemukan.

Tempat persembunyian tersebut bernama Bojong Awi. Bojong memiliki arti daerah tepian telaga, sedangkan Awi punya arti bambu.

Peristiwa itu dianggap oleh bala tentara Mataram sebagai ujung-nya dari upaya pengejaran yang sangat panjang dalam nga-berung napsu (mengumbar nafsu) untuk menangkap sang Dipati. Maka wilayah tersebut disebut sebagai Ujungberung.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub