15 Kecamatan di Bandung Masuk Zona Merah Sesar Lembang, Berikut Daftarnya

- 18 Mei 2024, 17:30 WIB
Peta Sesar Lembang di Bandung.*
Peta Sesar Lembang di Bandung.* /Kabar Cirebon/Google Earth/



BRAGA, MAPAYBANDUNG.COM - Patahan aktif bernama Sesar Lembang memilliki jalur yang sangat panjang hingga 29 KM. Jalur Sesar Lembang membentang jauh, melewati Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, hingga Jatinangor Sumedang.

Beberapa kecamatan di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat bahkan masuk zona merah Sesar Lembang. Setidaknya ada 15 kecamatan yang tersebar di Bandung Raya masuk dalam zona merah tersebut.

Sebelumnya penting kita ketahui bahwa Sesar Lembang menjadi ancaman nyata yang bisa sebabkan gempa berskala besar di Bandung dan sekitarnya. Para peneliti bahkan memperingatkan risiko berbahaya jika Sesar Lembang kembali bergerak.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Persib vs Bali United di Leg 2 Semifinal Liga 1 2023 Hari Ini Sabtu 18 Mei 2024

Bahkan jika gempa akibat guncangan Sesar Lembang terjadi, kerugian materil bisa mencapai puluhan triliun rupiah.

Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Mudrik Rahmawan Daryono memetakan bahaya dibalik Sesar Lembang, jika patahan ini kembali aktif dan sebabkan guncangan gempa.

Melansir ANTARA Sabtu 18 Mei 2024, ia mengatakan patahan aktif yang membentang hampir mencapai 30 km ini bisa menyebabkan gempa bumi sebesar 6,5 magnitude. Guncangan gempa tersebut lebih besar dari pada gempa di Yogyakarta pada 2006 silam.

Jika terjadi guncangan gempa hingga 6,5 magnitude, kerugian bisa sangat besar. Gempa akibat Sesar Lembang sendiri terakhir terjadi pada 560 tahun lalu.

"Jadi, secara hitungan tahap siklus gempa bumi atau ulang tahun gempa bumi itu, kita (Sesar Lembang) pada fase pelepasan energi. Itu fakta dari penelitian kami. Jadi, sudah 560 tahun belum pernah terjadi gempa bumi lagi," kata Mudrik.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah