Dukung Guru ASN Pangandaran, Anggota DPR: Sikap Beraninya Harus Jadi Karakter Seluruh ASN

- 15 Mei 2023, 09:15 WIB
Biodata dan IG Husein Ali Rafsanjani, Guru ASN Pangandaran yang mengundurkan diri setelah lapor soal pungli Latsar.
Biodata dan IG Husein Ali Rafsanjani, Guru ASN Pangandaran yang mengundurkan diri setelah lapor soal pungli Latsar. /Instagram.com/@husein_ar



MAPAY BANDUNG - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih menilai sikap berani guru di Kabupaten Pangandaran bernama Husein Ali Rafsanjani (HAR) harus jadi karakteristik bagi seluruh ASN di Indonesia. Meskipun masih tergolong ASN baru, baginya, Husein telah berani bersikap jujur.

Sebagai informasi, kasus HAR viral usai melaporkan dugaan pungutan liar saat pelatihan dasar CPNS 2020.

Husein mengaku diintimidasi dan diancam karena melaporkan itu. Mengetahui peristiwa tersebut, Fikri menyampaikan keprihatinan atas kasus tersebut.

"Bagi dunia pendidikan, contoh kasus ini bisa jadi bahan untuk penguatan pendidikan karakter kita," ungkapnya melalui rilis, Senin 15 Mei 2023.

Baca Juga: Pantas Disebut Ujungberung, Daerah di Kota Bandung Ini Punya Sejarah Panjang, Simak!

Politisi Fraksi PKS itu pun tidak mengerti alasan pelaku tega memberatkan CPNS yang notabene masih baru dengan menarik iuran-iuran seperti itu.

Menurutnya, keputusan HAR untuk melaporkan dugaan pungutan liar saat pelatihan dasar CPNS 2020 adalah sikap berani meskipun dihantui oleh resiko dipecat sebagai PNS.

Diketahui, dampak adanya laporan tersebut, HAR dipersekusi saat diminta menghadap BKPSDM Pangandaran, bahkan diteror oknum-oknum dari BKPSDM. Kepala BKPSDM Pangandaran akhirnya dinonaktifkan terkait kasus itu.

Usai peristiwa tersebut viral di dunia maya, Husein mendapat kesempatan untuk mengadukan kasus itu langsung kepada Gubernur Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah