Peringatan Maulid Nabi Muhammad 7 Oktober 2022 di Indonesia, Beda Wilayah Beda Pula Cara Perayaannya

- 4 Oktober 2022, 18:00 WIB
Jadwal, niat, dan doa puasa Mulud dan Ayyamul Bidh dalam bulan Rabiul Awal 1444 Hijriah dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW.
Jadwal, niat, dan doa puasa Mulud dan Ayyamul Bidh dalam bulan Rabiul Awal 1444 Hijriah dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW. /UNSPLASH/Rauf Alvi

 

MAPAY BANDUNG - Momen kelahiran Rasulullah SAW pada 12 Rabiul Awal, yang juga sering disebut dengan Maulid Nabi Muhammad, akan selalu diperingati oleh umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Peringatan Maulid Nabi pada 12 Rabiul Awal 1444 H tahun ini, akan bertepatan pada tanggal 8 Oktober, atau Jumat 7 Oktober 2022 malam (perhitungan kalender Islam dimulai pada matahari terbenam).

Bangsa Indonesia tidak hanya beragam atau majemuk dalam hal agama, suku, bahasa, seni, dan lain-lain, tetapi juga beragam dalam mengekspresikan tradisi amaliyah keagamaan seperti Maulid Nabi.

Dilansir MapayBandung.com dari NU Online, Selasa 4 Oktober 2022, peringatan Maulid Nabi di Indonesia dilakukan dengan berbagai ekspresi.

Baca Juga: Bikin Manusia Kewalahan, Ini Jumlah Koloni Yakjuj Makjuj yang Akan Keluar di Akhir Zaman

Masyarakat Jawa, misalnya, merayakan Maulid Nabi dengan membaca Manakib Nabi Muhammad dalam Kitab Maulid Barzanji, Maulid Simtud Dhurar, Diba’, Saroful Anam, Burdah, dan lain-lain.

Selesai membaca Manakib Nabi Muhammad, biasanya masyarakat Jawa akan menyantap makanan bersama-sama yang disediakan secara gotong royong oleh warga.

Masyarakat muslim di tanah Jawa tidak hanya bergembira merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW, tetapi juga bersyukur atas teladan, jalan hidup, dan tuntunan yang dibawa oleh Rasulullah.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah