Intip Keunikan Geopark Lembah Cisaar-Jatigede, Destinasi Wisata Baru di Sumedang

- 16 April 2024, 05:00 WIB
Geopark Lembah Cisaar di Kabupaten Sumedang jadi acuan kayanya keanekaragaman hayati dan budaya yang menyertainya.
Geopark Lembah Cisaar di Kabupaten Sumedang jadi acuan kayanya keanekaragaman hayati dan budaya yang menyertainya. /kabar-priangan.com/DOK Nanang Sutisna/



BRAGA, MAPAYBANDUNG.COM - Pemerintah Kabupaten Sumedang akan segera melakukan grand launching objek wisata baru di sekitaran Bendungan Jatigede.

Objek wisata bernama Geopark Lembah Cisaar-Jatigede itu akan dilaunching pada Hari Jadi Kabupaten Sumedang ke-446, Senin 22 April 2024.

Geopark Lembah Cisaar-Jatigede adalah wisata yang menyuguhkan kekayaan budaya dan ilmiah sebagai peninggalan masa kuno.

Pemerintah menargetkan Geopark Lembah Cisaar-Jatigede mendapatkan status Geopark Nasional paling lambat tahun 2026, dan menuju Unesco Global Geopark pada tahun 2029.

Baca Juga: Respon Pemprov Jabar Tanggapi Dugaan Pungli di Masjid Al-Jabbar: Kami Tertibkan

Berdasarkan penemuan naskah kuno dan catatan perjalanan, wilayah ini membanggakan karena mempunyai warisan sejarah yang kaya, mulai dari Kerajaan Medang Kahiyangan hingga konsep pendidikan Insun Medal Insun Madangan.

Geopark ini bukan hanya tentang kekayaan geologi, tetapi juga tentang keanekaragaman hayati dan budaya yang menyertainya.

Melalui konservasi, edukasi, dan pembangunan ekonomi berkelanjutan, Sumedang mempersembahkan sebuah destinasi yang mengajak masyarakat untuk lebih memahami dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Tahun 2021 lalu, Sumedang juga sudah meresmikan Menara Kujang Sapasang dan telah menjadi ikon kebudayaan terbaru serta menjadi daya tarik di kota tahu.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah