Viral Dugaan Serangan Fajar di Dapil Depok-Bekasi, 2 Cara Ini Diungkap Bawaslu untuk Lapor Kecurangan Pemilu

- 13 Februari 2024, 09:45 WIB
Dugaan serangan fajar terjadi di Dapil Depok-Bekasi jelang Pemilu 2024
Dugaan serangan fajar terjadi di Dapil Depok-Bekasi jelang Pemilu 2024 /bekasikinian/Instaram

BRAGA, MAPAY BANDUNG - Viral dugaan serangan fajar atau politik uang terjadi di Daerah Pemilihan (Dapil) Depok-Bekasi.

Pada unggahan video di akun Instagram bekasikinian pada Rabu 13 Februari 2024, nampak seorang warga yang tengah membuka sebuah amplop berisi uang dan stiker Calon Legislatif (Caleg) DPR RI.

Pada unggahan tersebut terdapat stiker yang diduga milik Ranny Fahd A Rafiq, Caleg dari Partai Golkar dapil Depok-Bekasi.

Usai video tersebut menjadi viral, Bawaslu Kota Depok akan melakukan penelusuran terlebih dahulu terhadap informasi tersebut.

Baca Juga: Pj Wali Kota Ajak Warga Jaga Bandung Tetap Kondusif Saat Pemilu Serentak

Bawaslu akan mengumpulkan sejumlah bukti untuk memperkuat informasi yang diterima. Jika bukti tersebut menunjukkan adanya pelanggaran, Bawaslu Kota Depok akan menindaklanjuti temuan tersebut.

Namun hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari pengurus Partai Golkar di Kota Depok mengenai unggahan yang beredar di media sosial itu.

Mengutip dari ANTARA, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Lolly Suhenty, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyusun patroli pengawasan untuk mengantisipasi fenomena "serangan fajar" atau politik uang.

Sejak periode masa tenang dimulai, patroli pengawasan telah diaktifkan, sehingga anggota patroli bekerja secara bergantian 24 jam.

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah