Tanahnya Diambil dari Lembang, Pembangunan Stadion Markas Persib Ini Rampung 2 Tahun

- 17 Februari 2024, 15:00 WIB
Stadion Siliwangi Bandung yang akan menjadi tempat konser Dewa 19, Minggu, 5 Maret 2023.
Stadion Siliwangi Bandung yang akan menjadi tempat konser Dewa 19, Minggu, 5 Maret 2023. /Dok. PRFMNEWS



BRAGA, MAPAYBANDUNG.COM - Ada satu stadion di Kota Bandung yang dibangun dalam waktu dua tahun. Menariknya, tanah untuk pembangunan stadion ini diambil dari Lembang.

Stadion ini dibangun tahun 1954 dan menjadi saksi sejarah berbagai macam peristiwa di Bandung, termasuk perjalanan Persib.

Patung kepala maung yang ikonik di atas papan skor tribun timur stadion ini jadi daya magis tersendiri bagi Pangeran Biru. Persib pernah menjadikan stadion ini sebagai kandangnya beberapa tahun lalu.

Setiap lawan yang bertanding menghadapi Persib di stadion ini, mengalami teror luar biasa dari suporter. Adapun stadion yang dimaksud adalah Stadion Siliwangi. Stadion ini awalnya dibangun untuk memperingati peristiwa "Bandung Lautan Api".

Baca Juga: KPU Sebut 35 Orang Meninggal Usai Bertugas di Pemilu 2024

Dikutip MapayBandung.com dari laman Instagram Humas Jabar pada Sabtu 17 Februari 2024, Stadion Siliwangi didedikasikan untuk 200.000 warga Bandung yang telah merelakan segala hartanya habis terbakar dalam peristiwa tersebut.

Setelah 8 tahun peristiwa itu atau tahun 1954, atas prakarsa Panglima Tentara dan Teritorium III, Kolonel Inf A.E. Kawilarang dimulailah pembangunan stadion untuk kegiatan olahraga warga Kota Bandung dan untuk latihan para tentara Siliwangi.

Dibangun di atas tanah milik Kodam, biaya pembangunan terkumpul dari potongan gaji para tentara dan pegawai Kodam selama 2 tahun. Sejumlah sen yang ada di belakang gaji para tentara dan pegawai itulah yang dipotong.

Karena kondisi tanah di Kota Bandung yang liat, maka setiap hari dua kompi angkatan darat pun terpaksa harus mengambil tanah dari Lembang untuk beberapa minggu.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah