Kompak Buat dan Edarkan Uang Palsu, Ibu dan Anak di Garut Diringkus Polisi, Ini Modusnya

- 14 Agustus 2023, 15:00 WIB
 Sejumlah uang palsu diamankan polisi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. ANTARA/HO-Polres Garut
Sejumlah uang palsu diamankan polisi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. ANTARA/HO-Polres Garut /

MAPAY BANDUNG - Polisi meringkus ibu dan anak yang kompak menjadi pelaku pembuatan uang palsu dan mengedarkannya. Uang palsu yang mereka edarkan dari mulai pecahan Rp10.000 sampai Rp100.000.

Mereka ditangkap polisi di kediamannya di kawasan Leles, Kabupaten Garut pada Minggu 13 Agustus 2023.

Polsek Leles AKP Agus Kustanto mengatakan, uang palsu tersebut mereka jual dan edarkan dengan modus belanja.

Kronologi penangkapan mereka bermula dari hasil pengembangan terhadap satu tersangka yang diamankan warga karena ketahuan belanja menggunakan uang diduga palsu pecahan Rp100.000.

Baca Juga: POPULER HARI INI: 3 Daerah Terdingin di Indonesia, Nomor 2 Ada di Bandung

Dari pemeriksaan tersangka awal tersebut, diketahuilah ada dua orang pelaku lain yang merupakan ibu dan anak berinisial R dan U. Mereka kemudian ditangkap di Leles.

"Keduanya ditangkap setelah petugas menginterogasi pelaku pertama yang berhasil diciduk, yakni pria berinisial RE," kata Agus dilansir MapayBandung.com dari ANTARA, Senin 14 Agustus 2023.

Barang bukti berupa alat pembuatan uang palsu dan hasil cetakan uang palsu pecahan Rp20.000 sebanyak 88 lembar, Rp100.000 sebanyak 16 lembar, dan Rp10.000 sebanyak 20 lembar, serta beragam pecahan lainnya yang masih setengah jadi sebanyak 116 lembar turut diamankan.

"Uang pecahan setengah jadi ada 116 lembar, kemudian Rp100.000 yang belum terpotong, ada juga barang bukti perangkat komputer berikut CPU dan tinta berwarna, unit printer, dan unit mesin laminating atau pemanas," jelas Asep.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah