Warga Bandung, Begini Cara Mudah Cek Bansos PKH Januari 2024, Siapkah Dulu Berkas-berkasnya

- 12 Januari 2024, 09:45 WIB
Ilustrasi Uang Bansos PKH Januari 2024
Ilustrasi Uang Bansos PKH Januari 2024 /Pexels.com



BRAGA - MAPAYBANDUNG.COM - Warga Bandung yang menjadi penerima manfaat (KPM) bantuan sosial atau bansos Program Keluarga Harapan (PKH) bisa mengecek apakah terdaftar atau tidak.

Bansos PKH sendiri menjadi salah satu program yang akan disalurkan pemerintah pada Januari 2024 ini.

Selain itu terdapat beberapa program bantuan sosial lainnya yang juga diharapkan akan dicairkan pada bulan yang sama, seperti bantuan pangan non-tunai (BPNT), bantuan beras 10 kilogram, Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan, dan program bantuan sosial lainnya.

Dalam penyalurannya, PKH akan disalurkan sesuai dengan golongan penerima manfaatnya. Setiap golongan memiliki alokasi pencairan uang tunai dari bansos yang berbeda-beda.

Baca Juga: Daftar Jalan di Kabupaten Bandung yang Terendam Banjir Pagi Ini, Ada yang Tidak Bisa Dilalui Kendaraan

Sebagai contoh, golongan ibu hamil dan balita diharapkan akan menerima bansos PKH sebesar Rp3 juta. Sementara itu, golongan lansia dan penyandang disabilitas diharapkan akan menerima sekitar Rp2,4 juta dari pencairan PKH.

Lebih lanjut siswa dari berbagai tingkatan pendidikan juga diakomodasi dengan alokasi bantuan yang berbeda. Anak sekolah dasar (SD) diharapkan menerima Rp900 ribu setahun, siswa sekolah menengah pertama (SMP) sebesar Rp1,5 juta setahun, dan siswa sekolah menengah atas (SMA) diharapkan menerima Rp2 juta setahun.

Penting bagi warga untuk mengetahui daftar penerima PKH dan BPNT tahun 2024. Pemerintah secara berkala melakukan pembaruan terkait daftar penerima bansos PKH 2024.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bantuan sosial ini tepat sasaran dan tersalurkan dengan baik kepada KPM yang membutuhkan.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah