Ratusan Guru Bandung Raya Kolaborasi Cegah 3 Dosa Pendidikan Lewat Kegiatan Training General Orientation

- 1 Agustus 2023, 14:52 WIB
Ratusan guru Bandung Raya mengikuti Training General Orientation (TGO) bersama dengan Disdik Provinsi Jawa Barat.
Ratusan guru Bandung Raya mengikuti Training General Orientation (TGO) bersama dengan Disdik Provinsi Jawa Barat. /

MAPAY BANDUNG - Training General Orientation (TGO) menjadi salah satu kegiatan kunci dalam Program Guru Masagi Abad 21, yang merupakan hasil kerja sama antara PeaceGeneration (PeaceGen) Indonesia dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jabar Masagi, dan Mensen met een missie (MM).

TGO telah berlangsung dari Mei hingga Juli 2023 dan diikuti oleh 583 guru dan warga sekolah berasal dari 10 SMA dan SMK di wilayah Bandung Raya. PeaceGen telah mengunjungi setiap sekolah tersebut yang tersebar di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

Berdasarkan evaluasi kebutuhan yang dilakukan oleh PeaceGen bersama sekolah-sekolah tersebut, tujuan utama diselenggarakannya kegiatan TGO ini untuk memberikan edukasi dan kesadaran tentang pencegahan 3 dosa pendidikan tidak hanya kepada guru mata pelajaran tertentu, tetapi juga kepada seluruh anggota warga sekolah, termasuk staf tata usaha dan lainnya.

Baca Juga: Super Padat! Ini Jadwal Persib Bulan Agustus di Liga 1 2023/2024, 2 Tim Besar Siap Menanti

Salah satu hal menarik dari kegiatan TGO ini adalah keberagaman jenis sekolah yang berpartisipasi, bukan hanya dari sekolah negeri, tetapi juga dari sekolah kejuruan, dan swasta. Salah satunya adalah SMA Pelita Fajar, sekolah yang mencerminkan keberagaman kepercayaan. Menurut Lannie, Kepala Sekolah SMA Pelita Fajar, sekolah ini bisa menjadi percontohan dalam menerapkan pencegahan 3 dosa besar khususnya dalam hal intoleransi.

"SMA Pelita Fajar adalah sekolah tiga bahasa dengan karakter nasional. Di sini, kita memiliki empat agama, yaitu Islam, Budha, Kristen Protestan, dan Kristen Katolik. Setiap pelajaran agama diajarkan sesuai dengan keyakinan masing-masing. Kami juga memiliki empat guru agama yang siap membimbing para siswa. Ketika ada kegiatan keagamaan, seperti puasa, kita merayakannya bersama. Saat ada acara Imlek, kita merayakannya bersama, begitu juga dengan acara Natal. Semuanya saling menghargai dan menghormati satu sama lain," ungkap Lannie.

Selain fokus pada pencegahan 3 dosa besar, TGO juga bertujuan untuk mewujudkan suasana belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

Suasana Training General Orientation (TGO) bersama dengan Disdik Provinsi Jawa Barat.
Suasana Training General Orientation (TGO) bersama dengan Disdik Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Sepakat! Manajemen Bali United dan Suporter Sepakati Soal Tiket, Ini Harga Terbarunya

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah