6 Tips Atasi Asam Lambung, Maag dan GERD ala dr. Zaidul Akbar, Mudah Banget

- 19 Mei 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi asam lambung
Ilustrasi asam lambung /iStock/

 

BRAGA, MAPAYBANDUNG.COM - Dokter sekaligus pendakwah dr. Zaidul Akbar, kali ini akan mengungkapkan tips mudah untuk mengatasi asam lambung, maag, dan GERD. Masalah kesehatan seperti asam lambung, maag, ataupun GERD, akan menyerang tubuh karena ada beberapa kebiasaan keliru.

Oleh sebab itu, simak baik-baik informasi dr. Zaidul Akbar berikut ini, mengenai bagaimana cara mengatasi asam lambung, maag, dan GERD.

Sebelumnya, dr. Zaidul Akbar akan menjelaskan, apa yang terjadi pada seseorang yang mengalami asam lambung naik, maag, ataupun GERD. Masalah asam lambung seperti maag dan GERD, kerap kali dianggap satu masalah kesehatan yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan.

Baca Juga: Mimpi Menyapu Pakai Sapu Rusak Jadi Pertanda Buruk, Begini Tafsirnya

"Dua masalah asam lambung ini paling sering terjadi, yaitu maag dan GERD. Banyak yang bilang ini sama, tapi ada perbedaan antara keduanya," tutur dr. Zaidul Akbar.

Maag adalah kondisi dimana asam lambung berlebih karena bakteri atau makanan, tapi tidak menyebar ke daerah tubuh lain.

Sedangkan GERD, merupakan kondisi dimana asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan, karena otot di tenggorokan tidak berfungsi dengan optimal, sehingga dapat melukai kerongkongan.

"Awalnya, memang banyak orang yang merasakan bahwa maag dan GERD sama saja, dan tidak memiliki perbedaan. Karena efek yang dirasakan oleh penderita maag dan GERD cenderung mirip," tuturnya.

Baca Juga: Sebentar Lagi Exit Tol KM 149 Gedebage Dibuka, Begini Kata Pj Walikota Bandung

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah