4 Gejala Awal Kanker yang Tidak Boleh Diabaikan, Simak Penjelasannya

- 19 Maret 2023, 13:15 WIB
Ilustrasi kanker serviks. Ketua Umum Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr. Adib Khumaidi, Sp.OT mengatakan penanggulangan masalah penyakit kanker.
Ilustrasi kanker serviks. Ketua Umum Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr. Adib Khumaidi, Sp.OT mengatakan penanggulangan masalah penyakit kanker. /Pixabay/ColiN00B

MAPAY BANDUNG – Kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia.

Pasalnya kanker merupakan penyakit yang tidak menimbulkan gejala di awal perkembangannya dan baru terdeteksi jika sudah mencapai stadium lanjut.

Penyakit kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh.
Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain.

Baca Juga: Update Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Korban Meninggal Dunia Jadi 29 Orang

Selain itu untuk mencegah penyakit ini bisa dengan menjalani pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rajin berolahraga, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol.

Gejala awal kanker seringkali diabaikan karena tidak adanya gejala yang spesifik dan juga memiliki kemiripan dengan gejala penyakit lain.

Semakin cepat kanker terdeteksi, maka akan semakin tinggi juga tingkat keberhasilan dalam pengobatannya pun akan semakin mudah.

Baca Juga: Ini Bahaya Makan Gorengan saat Berbuka Puasa Kata dr Saddam Ismail, Nomor 3 Patut Diwaspadai

Dilansir MapayBandung.com dari kanal YouTube Woman Net pada hari Sabtu 18 Maret 2023, berikut inilah 4 gejala awal kanker yang tidak boleh diabaikan :

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah