GEMPA 7,9 Magnitudo Guncang Maluku Tadi Malam, BMKG Sempat Keluarkan Peringatan Tsunami

- 10 Januari 2023, 07:32 WIB
Gempa bumi dengan kekuatan 7,9 magnitudo mengguncang Maluku tadi malam, BMKG sempat mengeluarkan peringatan tsunami.
Gempa bumi dengan kekuatan 7,9 magnitudo mengguncang Maluku tadi malam, BMKG sempat mengeluarkan peringatan tsunami. /Sumber : Instagram @daryonoBMKG

MAPAY BANDUNG - Gempa bumi berkekuatan 7,9 magnitudo mengguncang Maluku Barat Daya, Maluku pada Selasa 10 Januari 2023.

Gempa yang mengguncang Maluku terjadi pada pukul 00.47 WIB.

BMKG dalam siaran resminya menyatakan bahwa gempa tersebut berpotensi tsunami.

"Berdasarkan hasil pemodelan tsunami, gempabumi M 7,9 10 Januari 2023 di Maluku Tenggara Barat, Maluku menunjukkan adanya Potensi Tsunami dengan tingkat ancaman Siaga dan Waspada," tulis BMKG di akun resmi Instagramnya, dikutip MapayBandung.com.

Lokasi gempa bumi Maluku

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 7,5.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,37° LS dan 130,23° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 KM arah Barat Laut Maluku Tenggara Barat, Maluku pada kedalaman 130 KM.

Jenis dan Mekanisme gempa Maluku

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Dampak gempa Maluku

Menurut BMKG, gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Saumlaki dengan skala intensitas V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun), daerah Dobo, Tiakur IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah