Sejarah Hari Ibu Nasional yang Diperingati Setiap 22 Desember, Ternyata Berawal dari Peristiwa Ini

- 16 Desember 2022, 10:45 WIB
Berikut ini sejarah singkat peringatan Hari Ibu nasional yang kerap diperingati setiap tanggal 22 Desember.
Berikut ini sejarah singkat peringatan Hari Ibu nasional yang kerap diperingati setiap tanggal 22 Desember. /Pexels/Pixabay

MAPAY BANDUNG – Hari Ibu Nasional tahun ini jatuh pada Jumat, 22 Desember 2022.

Perlu diketahui, peringatan Hari Ibu sendiri ada dua versi. Untuk di Indonesia Hari Ibu diperingati setiap 22 Desember, sementara Hari Ibu Sedunia atau Mother’s Day diperingati setiap 8 Mei.

Dilansir MapayBandung.com dari beberapa sumber pada Jumat 16 Desember, peringatan Hari Ibu diawali oleh peristiwa bertemunya para pejuang wanita dalam kongres perempuan Indonesia 1 pada 22–25 Desember 1928 di Yogyakarta.

Baca Juga: Bisa Bikin Usaha dan Rezeki Lancar Hingga 7 Turunan, 6 Perkutut Bertuah Ini Wajib Dipelihara

Kongres ini dihadiri 30 organisasi perempuan dari 12 Kota di Jawa dan Sumatra. Adapun hasil kongres tersebut adalah membentuk Kongres Wanita Indonesia (KOWANI).

Dalam sejarah, para pemimpin organisasi perempuan di berbagai wilayah Indonesia berkumpul menyatukan pikiran dan semangat demi kemerdekaan Indonesia dan memikirkan nasib kaum perempuan.

Keterlibatan para perempuan nusantara dalam perjuangan melawan penjajah serta membela dan menyuarakan berbagai isu seperti perdagangan anak-anak dan perempuan, perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, pernikahan usia dini bagi perempuan, dan lainnya.

Perayaan atau peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember merupakan hasil dari Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938.

Baca Juga: Dosa Sebesar Gunung pun Bakal Allah Ampuni Jika Rutin Amalkan Ini, Begini Kata Syekh Ali Jaber

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah