Abu Vulkanik Erupsi Gunung Semeru Terasa Sampai Malang, Status Dinaikkan Menjadi Awas

- 4 Desember 2022, 14:55 WIB
Abu erupsi Gunung Semeru terasa sampai Malang, status dinaikkan menjadi awas.
Abu erupsi Gunung Semeru terasa sampai Malang, status dinaikkan menjadi awas. /Mountnesia

MAPAY BANDUNG – Hingga siang ini, debu dari erupsi Gunung Semeru yang terjadi sejak Minggu 4 Desember 2022 dini hari masih menyebar ke wilayah Lumajang, Malang, dan sekitarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyebut bahwa wilayah Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur dilaporkan terdampak hujan abu dampak erupsi Gunung Semeru.

Debu vulkanik yang menyerbar ke berbagai wilayah di kabupaten Jawa Timur sesuai dengan informasi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan.

Baca Juga: Tak Pakai Masker, Pria Ini Terobos Hujan Abu Gunung Semeru hingga Cemong dan Kelilipan, Netizen: Ya Allah

"Hanya abu saja yang masuk ke wilayah Malang, sama seperti tahun-tahun yang lalu. Ada laporan di wilayah Kecamatan Ampelgading," ucapnya seperti dikutip MapayBandung.com dari ANTARA pada Minggu 4 Desember 2022.

Meski demikian tidak ada kerusakan di wilayah Kecamatan Ampelgading akibat hujan abu vulkanis.

Gunung Semeru dilaporkan memuntahkan awan panas guguran pada Minggu 4 Desember 2022 sejak 02.46 WIB sejauh tujuh kilometer.

Berdasarkan pengamatan dari Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), awan panas guguran Gunung Semeru memiliki kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal.

Kolom tersebut dilaporkan mengarah ke arah tenggara dan selatan setinggi 1.500 meter dari atas puncak gunung yang memiliki ketinggian 3.676 ini.

Halaman:

Editor: Haidar Rais

Sumber: ANTARA


Tags


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

Portal Papua

Rancangan Tuhan Sempurna,

31 Januari 2023, 11:13 WIB
x