Mandalika Akan Jadi Tuan Rumah MotoGP, Menaker Ida Fauziyah: Masyarakat NTB Harus Menjadi Tuan di Mandalika

- 22 Februari 2021, 12:59 WIB
Gambar Desain Sirkuit Mandalika. Menaker Ida Fauziyah ingin warga NTB khususnya warga Mandalika menjadi tuan di tanahnya sendiri /Instagram.com/@mandalika_sirkuit

MAPAY BANDUNG - Seiring dikebutnya pembangunan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat sebagai destinasi wisata dan juga sebagai tuan rumah Moto GP, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah ingin warga Mandalikan menjadi tuan di Tanahnya sendiri dan merasakan langsung destinasi wisata super prioritas Mandalika.

"Mandalika ini adalah milik masyarakat NTB, Mandalika ini adalah milik masyarakat Indonesia, masyarakat NTB harus merasakan langsung keberadaan Mandalika, masyarakat NTB harus menjadi Tuan di Mandalika, di NTB itu sendiri," kata Menaker Ida saat meresmikan workshop pelatihan di BLK Lombok Timur dan meninjau sarana pelatihan di sejumlah BLK Komunitas di NTB di akhir pekan lalu.

Untuk itu, agar warga Mandalika memiliki keahlian, Kementerian Ketenagakerjaan membangun workshop pelatihan di BLK Lombok Timur.

Baca Juga: Setelah Fabiano dan Zulham Pergi, Kini Giliran Beni Oktovianto yang Resmi Tinggalkan Persib

Ida menambahkan, pelaksanaan MotoGP di Mandalika harus didukung dengan penyiapan SDM kompeten di NTB, khususnya masyarakat di sekitar lokasi sirkuit Mandalika.

"Oleh karena itu kami ingin berkontribusi meningkatkan kompetensi SDM di sekitar NTB ini untuk bisa mereka menjadi Tuan di NTB," katanya.

Ida menjelaskan, Kementerian Ketenagakerjaan memiliki BLK yang dikelola langsung oleh Kemnaker di NTB, yaitu BLK Lombok Timur. BLK ini memiliki kejuruan unggulan pariwisata. BLK Lombok Timur memiliki wilayah binaan NTB, NTT, dan Bali.

Baca Juga: PSSI dan Raffi Ahmad Berkolaborasi Kampanyekan Protokol Kesehatan di Piala Menpora 2021

Agar pelatihan yang diselenggarakan matching dengan kebutuhan dunia usaha dan industri, Menaker Ida menyatakan bahwa pihaknya telah menyinergikan pelatihan di BLK dengan kebutuhan pasar kerja. Salah satunya dengan cara menjalin kerja sama antara BLK Lombok Timur dengan Forum Koordinasi Lembaga Pelatihan Kerja Industri (FKLPI) Daerah NTB.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X