Simak Inilah 6 Hal yang Sering Dianggap Membatalkan Puasa Padahal Tidak, Apa Saja?

- 2 April 2023, 03:15 WIB
Ilustrasi makan, tidak membatalkan puasa jika lupa.
Ilustrasi makan, tidak membatalkan puasa jika lupa. /Pexels.com

 

MAPAY BANDUNG – Inilah 6 hal yang perlu kamu ketahui tidak membatalkan puasa di bulan Ramadhan 2023.

Memasuki bulan Ramadhan 2023, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dengan menahan diri baik dari lapar, haus maupun hawa nafsu.

Ketika berpuasa, seseorang cenderung lebih mudah khawatir karena hal-hal yang tidak sengaja atau ia lakukan saat lupa membuat puasa yang dilaksanakannya menjadi tidak sah.

Ada beberapa pantangan yang perlu dihindari agar puasa tetap sah. Sehingga perlu kamu ketahui bahwa hal-hal apa saja yang tidak membatalkan puasa.

Baca Juga: Rekomendasi Ide Jualan Takjil, Es Pisang Ijo Anti Gagal dan Bikin Untung

Dilansir MapayBandung.com dari laman resmi NU online pada Kamis 30 Maret 2023, Syekh Salim bin Sumair Al-Hadrami dalam Matan Safinatun Najah telah menyebutkan 6 hal yang tidak membatalkan puasa sebagai berikut.

الذي لا يفطر مما يصل إلى الجوف سبعة أفراد ما يصل إلى الجوف بنسيان أو جهل أو إكراه وبجريان ريق بما بين أسنان وقد عجز عن مجه لعذره وما وصل إلى الجوف وكان غبار طريق وما وصل أليه وكان غربلة دقيق أوذبابا طائرا أونحوه

Artinya, “Yang tidak membatalkan di antara yang sampai ke dalam rongga perut ada tujuh perkara: (1) sesuatu yang sampai ke dalam rongga perut karena lupa; (2) sesuatu yang sampai ke dalam rongga perut karena tidak tahu; (3) sesuatu yang masuk ke dalam rongga perut karena dipaksa; (4) mengalirnya air liur bercampur sesuatu yang ada di sela-sela gigi, sementara orang yang mengalaminya tidak bisa memisahkan sesuatu tersebut karena sulit; (5) sesuatu yang masuk ke dalam rongga perut berupa debu; (6) perkara yang masuk ke dalam rongga perut berupa butiran-butiran tepung, lalat terbang yang tiba-tiba masuk, dan sejenisnya.” (Nawawi, Kasyifatus Saja Syarhu Safinatun Najah, halaman 114).

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah