Panduan Perencanaan Keuangan untuk Perempuan, Tak Sebatas Atur Pengeluaran Saja Lho!

- 21 Februari 2021, 17:55 WIB
Ilustrasi keuangan /Frantisek_Krejci / Pixabay

 

MAPAY BANDUNG - Tak hanya pria, perempuan pun membutuhkan perencanaan keuangan. Lantas seperti apakah strategi perencanaan yang baik bagi mereka?

Sebelum membahas seputar strategi perencanaan keuangan bagi perempuan, ketahuilah bahwa menurut survei “Financial Experience & Behaviours Among Women Study” yang dirilis Prudential pada tahun 2015, menunjukkan adanya pertumbuhan akan kesadaran perempuan terkait perencanaan keuangan.

Studi tersebut menyebutkan bahwa perempuan lajang atau yang sudah bercerai, akan cenderung menjaga kesehatan keuangannya di masa depan.

Baca Juga: Kisah Kelam Bandung Lautan Sampah : Tragedi Meledaknya TPA Leuwigajah

Baca Juga: Link Streaming One Piece Episode 963 : Perjuangan Oden untuk Gabung Bajak Laut Whitebeard

Sementara itu 27 persen perempuan yang sudah menikah juga melakukan hal yang sama, mereka bahkan memegang kontrol penuh atas perencanaan keuangannya sendiri.

Biasakan untuk mengukur pengeluaran
Mengetahui jumlah rata-rata pengeluaran akan sangat membantu Anda dalam menjaga kesehatan. Karena dengan tolak ukur inilah, Anda bisa menentukan berapa dana darurat yang harus dimiliki untuk berjaga-jaga ketika Anda kehilangan atau kekurangan penghasilan bulanan.

Dengan mengetahui rata-rata pengeluaran, Anda pun bisa dengan mudah memproyeksikan kebutuhan biaya hidup di masa tua nanti.

Biasakanlah untuk mencatat dan menentukan pengeluaran Anda setiap bulan untuk hal yang bersifat kebutuhan dan keinginan. Pastikan bahwa selisih pemasukan dan pengeluaran setiap bulan setara dengan 10 persen pemasukan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Lifepal.co.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X