Jangan Tunggu 17 Tahun Lagi, Lakukan Ini Ketika Bulan Purnama Tepat di Atas Ka'bah

- 28 Januari 2021, 21:12 WIB
Bulan purnama akan berada tepat di atas Ka'bah pada Jumat, 29 Januari.
Bulan purnama akan berada tepat di atas Ka'bah pada Jumat, 29 Januari. /Pixabay/rkarkowski



MAPAY BANDUNG - Bulan purnama diprediksi bakal berada tepat di atas Ka'bah pada Jumat, 29 Januari 2021. Fenomena alam langka ini turut diprediksi baru akan terjadi lagi 17 tahun mendatang, tepatnya pada 2038 mendatang.

Menurut perhitungan BMKG, posisi bulan purnama bakal tepat di atas Ka'bah pada Jumat 29 Januari 2021 pukul 05.43 WITA atau 04.43 WIB.

BMKG pun mengeluarkan instruksi yang bisa dilakukan masyarakat Indonesia ketika bulan purnama tepat di atas Ka'bah pada Jumat 29 Januari 2021. Apa saja? Simak rangkumannya berikut ini.

Baca Juga: Total Kerusakan dan Kerugian Pasca Gempa Sulawesi Barat Capai Rp829,1 Miliar

Baca Juga: Tegas! Moeldoko Sebut Pemerintah Tak Pernah Luntur dalam Pemberantasan Korupsi

Pertama, sesuaikan jam yang akan digunakan untuk kalibrasi arah kiblat dengan jam atom BMKG di laman https://ntp.bmkg.go.id atau klik di sini.

Kedua, temukan bulan purnama sebelum jam menunjukan waktunya. Ketiga, hadapkan badan ke arah bulan purnama, karena arah itu menjadi penunjuk arah kiblat. Hal ini karena cahaya bulan lebih redup dari matahari, maka bayangan tidak begitu jelas dan tidak begitu presisi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BMKG (@infobmkg)

 



Namun sayangnya, masyarakat di wilayah timur Indonesia tak bisa turut serta melihat fenomena bulan purnama tepat di atas Ka'bah. Sebab di wilayah timur Indonesia, karena bulan purnama sudah terbenam pada saat fenomena langka ini terjadi.

“Wilayah Timur Indonesia tidak dapat melakukan ini, karena Bulan sudah terbenam pada saat fenomena terjadi,” tulis BMKG pada akun Instagram @infobmkg***

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah