Bikin Merinding Tapi Jadi Pengingat, Ini 10 Peristiwa Tanda-Tanda Kiamat

- 14 Januari 2021, 06:52 WIB
BikingMerinding Tapi Jadi Pengingat, Ini 10 Peristiwa Tanda-Tanda Kiamat /Pixabay/Ilustrasi/Pixabay

MAPAY BANDUNG - Kiamat merupakan hari terakhir kehidupan di seluruh jagat raya. Hari dimana harta dan tahta tak lagi berharga.

Saat itu, semua manusia hanya berpikir menyelamatkan diri, tanpa memikirkan orang lain bahkan keluarganya. Ayah, anak, dan ibunya akan terpisah ketika tiupan sangkakala pertama malaikat Israfil meluluhlantakan alam raya.

Allah SWT dalam Surah Al-A’raf ayat 187 telah menggambarkan begitu dahsyatnya peristiwa kiamat.

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di Bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui" QS Al-A’raf Ayat 187.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini Kamis 14 Januari 2021

Waktu terjadinya kiamat memang hanyalah Allah, Tuhan semesta alam yang tahu. Namun, Al Quran dan hadits telah menyiratkan tentang tanda-tanda hari akhir.

Para ulama berbeda pendapat terkait urutan terjadinya tanda-tanda kiamat. Imam Al-Qurṭūbī mengatakan, tanda-tanda kiamat besar yang disebutkan secara bersamaan dalam hadits-hadits tidaklah berurutan, tidak terkecuali riwayat Muslim dari Hudzaifah.

Dikutip MapayBandung.com dari NU Online, salah satu hadits sahih yang berkaitan dengan kiamat (as-sāʽah) yang pasti adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Sahihnya dan juga diriwayatkan oleh beberapa perawi hadits serta diakui oleh para ulama adalah hadits berikut.

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah

Sumber: NU Online


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X