8 Maret Diperingati Sebagai Hari Perempuan Sedunia, Begini Sejarahnya

- 5 Maret 2023, 19:45 WIB
10 Quotes Hari Perempuan Sedunia 2022 Versi Bahasa Inggris Lengkap dengan Terjemahan, Cocok untuk Caption Sosmed
10 Quotes Hari Perempuan Sedunia 2022 Versi Bahasa Inggris Lengkap dengan Terjemahan, Cocok untuk Caption Sosmed /Free-Photos/Pixabay

MAPAY BANDUNG - Hari Internasional yang diperingati setiap tahun pada tanggal 8 Maret adalah Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day (IWD).

Hari Perempuan Sedunia adalah hari global yang merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya, dan politik perempuan. Hari itu juga menandai ajakan bertindak untuk mempercepat kesetaraan gender.

Aktivitas signifikan disaksikan di seluruh dunia saat kelompkk-kelompok berkumpul untuk merayakan pencapaian atau aksi perempuan untuk kesetaraan perempuan.

Baca Juga: Tayang Malam Ini, Berikut Link Live Streaming Liverpool vs MU di Liga Inggris

Sejarah Hari Perempuan Sedunia

 

 

Dilansir MapayBandung.com dari Website bkd.jogjaprov.go.id pada Minggu 5 Maret 2023, perayaan Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day (IWD) dimulai pada 1908 ketika 15.000 perempuan melakukan aksi demo di New York, Amerika Serikat, untuk menyuarakan hak mereka tentang peningkatan standar upah dan pemangkasan jam kerja.

Pada 1910, Pemimpin ‘Kantor Perempuan’ Clara Zetkin mengajukan sebuah gagasan untuk menetapkan Hari Perempuan Sedunia yang menyarankan setiap Negara merayakan satu hari dalam setahun untuk mendukung aksi tuntutan perempuan.

Gagasan itu disetujui oleh Konferensi perempuan pada 17 negara yang beranggotakan total 100 perempuan. Sehingga disepakati 19 Maret 1911 sebagai perayaan pertama Hari Perempuan Sedunia di Austria, Jerman, Denmark, dan Swiss.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub