Sesar Lembang Jadi Ancaman Nyata, BMKG Kota Bandung Keluarkan Himbauan Ini Untuk Warga

- 21 Mei 2024, 10:30 WIB
 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG terus memantau aktivitas Sesar Lembang.
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG terus memantau aktivitas Sesar Lembang. /

BRAGA, MAPAYBANDUNG.COM - Jawa Barat khususnya Kota Bandung merupakan wilayah yang memiliki potensi bencana cukup tinggi. Kondisi dipengaruhi oleh kondisi geologi yang rawan akan bencana.

Salah satu potensi bencana yang mengintai yakni adanya Sesar Lembang. Sesar aktif ini sewaktu-waktu berpotensi menimbulkan gempa yang cukup merusak dan menelan korban jiwa.

Baca Juga: Wilayahnya Paling Rendah, Gedebage Berpotensi Alami Kerusakan Parah Jika Sesar Lembang Bergerak

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kota Bandung, Virga Librian mengatakan, literasi kebencanaan masyarakat harus terus ditingkatkan dan dilakukan secara berkelanjutan guna meminimalkan risiko bencana sepeti gempa bumi.

Selain itu, diharapkan seluruh pihak melaksanakan kesiapansiagaan dengan melakukan mitigasi bencana struktural dan non struktural.

Baca Juga: Masuk Zona Merah Sesar Lembang, 10 Wilayah di Bandung Ini Justru Bertransformasi Jadi Tempat Wisata

"Mitigasi struktural di antaranya membangun bangunan tahan gempa, terutama bangunan vital sekolah, rumah sakit yang mampu menahan guncangan gempa," kata Virga, dikutip MapayBandung.com dari Humas Kota Bandung, Selasa 21 Mei 2024.

Selain itu, penyediaan, penambahan, dan perbaikan jalur-jalur evakuasi, menjadi salah satu langkah tepat untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Baca Juga: Waspada Bahaya Gempa Sesar Lembang dan Potensi Kehancuran Total Seluruh Kota Bandung

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah