Ema Sumarna Minta Guru dan Orangtua Perketat Pemakaian Gawai untuk Cegah Perundungan Siswa

- 15 Juni 2023, 07:45 WIB
Ilustrasi perundungan. Viral siswa SMP mengadu ke Jokowi karena diduga diintimidasi oknum jaksa.
Ilustrasi perundungan. Viral siswa SMP mengadu ke Jokowi karena diduga diintimidasi oknum jaksa. /Pixabay/Tumisu /

MAPAY BANDUNG - Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna angkat suara mengenai kasus perundungan siswa yang kembali ramai akhir-akhir ini.

Menurut Ema Sumarna pengawasan ketat dari guru dan juga orang tua siswa menjadi kunci utama pengendalian potensi hal negatif yang dilakukan siswa, seperti misalnya perundungan.

"Saya tidak berkesimpulan perundungan terjadi seutuhnya karena (kehadiran) gadget. Tetapi sedikit banyaknya perundungan terjadi karena tidak bijak menggunakan gadget," kata Ema di SMP Negeri 2 Bandung, Kamis 14 Juni 2023.

 

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini Rabu 14 Juni 2023

Oleh karenanya Ema Sumarna mengingatkan, penggunaan gawai oleh anak usia sekolah sebaiknya ditujukan untuk alat komunikasi dengan orang tua saja.

"Untuk berkomunikasi, misalnya dengan ibu atau bapaknya, memberi kabar akan dijemput pukul berapa, atau menanyakan kondisi kesehatan. Sesuai fungsi alat komunikasi itu saja," katanya menambahkan.

Ia pun memberi saran agar para sekolah memberlakukan aturan yang pada prinsipnya meminimalisir penggunaan gawai di jam pelajaran. Kata Ema, gawai tersebut bisa saja dititipkan ke pihak guru di sekolah.

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah